Senin, 24 Juni 2024

Abdimas di Triwidadi, Pajangan, Bantul

 








Abdimas: Minggu, 02 Juni 2024

Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan tema “Strategi Membangun UMKM Unggul Melalui Perbaikan Layanan Konsumen di Kelurahan Triwidadi, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta” dilaksanakan pada hari Minggu, 02 Juni 2024, bertempat di Kalurahan Triwidadi, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dihadiri oleh ibu-ibu dari Desa Prima.

Sebelum acara dimulai, peserta yang telah hadir melakukan presensi terlebih dahulu di dekat gerbang masuk tempat kegiatan dengan dibantu oleh panitia yang bertugas. Pada pukul 09.00 WIB, acara dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh Ilmi Amalia dan Diah Nurma Hidayati sebagai MC. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars AMA Yogyakarta, dan Garuda Pancasila yang dipimpin oleh Eka Dian Oktaviani selaku dirigen, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat, Saudara Andrean Maulana Saputra, dilanjutkan sambutan oleh Kepala Kalurahan Triwidadi, Bapak Slamet Riyanto, dan sambutan terakhir disampaikan oleh Bapak H. Moch Rofiq S.T., M.M, selaku Direktur AMA Yogyakarta.

Setelah sambutan-sambutan, acara inti dimulai dengan penyampaian materi berjudul “Strategi Membangun UMKM Unggul Melalui Perbaikan Layanan Konsumen” yang disampaikan oleh narasumber, Bapak M.F Albashori S.E., M.M. Materi ini menjelaskan cara berbisnis atau berwirausaha yang baik demi menunjang usaha UMKM yang sedang dijalankan saat ini. Pada materi ini juga dipaparkan hal-hal pokok yang dibutuhkan oleh seorang wirausaha dan langkah-langkah memasarkan produk dengan baik dan tepat sasaran. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya permasalahan yang sering dihadapi oleh pelaku usaha UMKM. Oleh karena itu, materi ini juga mencakup cara menangani permasalahan usaha.

Informasi mengenai pengemasan produk yang baik serta sesuai aturan juga sangat penting disampaikan dalam seminar kali ini, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengemasan produk dan dapat menarik konsumen. Pada sesi ini juga disampaikan tentang pelayanan prima dalam berbisnis serta penjelasan singkat mengenai digital marketing.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Peserta dipersilakan menyampaikan pertanyaan kepada narasumber, dan peserta yang aktif akan mendapatkan doorprize. Acara selanjutnya adalah praktik Eco Print pada tas yang dipandu oleh panitia, dan dilakukan bersama peserta.

Sampai pada akhir acara, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan aman. Seluruh peserta, terutama ibu-ibu, sangat antusias dan mendapatkan edukasi dengan baik, benar, serta ilmu yang sangat bermanfaat. Seminar ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang strategi membangun UMKM unggul, tetapi juga memperkuat hubungan sosial dan semangat kolaborasi di antara peserta.