Senin, 24 Juni 2024

Abdimas di Kayen, Sendangsari, Pajangan, Bantul

 






Abdimas: Minggu, 26 Mei 2024

Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema "Cegah Stunting dalam Memilih Makanan Melalui Literasi Digital" dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2024 di Padukuhan Kayen, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Sebelum acara dimulai, peserta yang telah hadir melakukan presensi terlebih dahulu yang dibantu oleh Reni Aprilia dan Keysa Clara Sintya.

Pada pukul 08.30 WIB, acara dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia, diikuti oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) AMA Yogyakarta, Sekretaris Program Studi, serta Bapak Dukuh Kayen, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta.

Setelah sambutan-sambutan, acara memasuki sesi inti yaitu penyampaian materi dengan judul "Penggunaan Media Digital untuk Mencegah Stunting dan Membangun Padukuhan Ramah Anak" yang disampaikan oleh narasumber, Ibu Endah Wening Budiningrum, S.E., M.Sc. Materi ini menjelaskan tentang cara pencegahan stunting pada anak melalui literasi makanan, dengan memberikan asupan gizi yang cukup oleh orang tua. Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi dalam jangka panjang. Hal ini bisa disebabkan oleh malnutrisi yang dialami oleh ibu saat hamil, atau oleh anak pada masa pertumbuhannya. Narasumber juga menjelaskan tentang makanan murah dan bergizi yang dapat mencegah stunting, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, telur, hati ayam, ikan, buah, dan sayuran. Orang tua zaman sekarang dianjurkan untuk lebih banyak mencari informasi melalui literasi digital, seperti Google dan berbagai macam media sosial.

Sampai pada akhir acara, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan aman. Semua peserta, terutama Ibu-ibu, sangat antusias dan mendapatkan edukasi dengan baik dan benar serta ilmu yang sangat bermanfaat. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang pencegahan stunting, tetapi juga memperkuat hubungan sosial di antara warga Padukuhan Kayen melalui partisipasi aktif dan diskusi yang bermanfaat.